Profile

Join date: Nov 15, 2022

About

Perjalanan ponsel dari masa ke masa




Tintasantri - Teknologi telah mengubah cara manusia dalam melakukan aktivitasnya, khususnya teknologi komunikasi. Salah satunya adalah telepon seluler yang berkembang cukup pesat selama tiga dekade terakhir. sekarang. Dan sekarang sudah berubah menjadi "smartphone" atau smartphone. Dalam tiga puluh tahun terakhir telah terjadi perubahan yang signifikan dan juga telah terjadi pergeseran generasi dari 2G, 3G ke 4G dan saat ini akrab dengan 5G di luar negeri. Berikut perjalanan ponsel dari masa ke masa, dari tahun 90-an hingga saat ini.



Tahun 90-an dilanjutkan dengan hadirnya ponsel pertama, menyusul munculnya teknologi 2G yang menggunakan kartu GSM dan CDMA yang lebih praktis, saat itu diperkenalkan SMS (Short Message Service), suara layar monokrom dan monofonik. Pada tahun 1990-an, handphone mulai bermunculan di Indonesia. Raja ponsel di era ini adalah Nokia yang meluncurkan berbagai ponsel dengan desain berbeda dan harga berbeda.



SMS masih dianggap keren di tahun 90-an, tapi masa jayanya hanya sebentar. Oleh karena itu, ciri khas handphone tahun 90-an adalah desainnya yang unik, layarnya monokrom, terkadang dengan antena di atasnya dan dengan fungsi tambahan utama berupa kalkulator game, layar warna, GPRS, EDGE. , 3G, camera, music) Pada tahun 2000-an, handphone mulai merambah di Indonesia, namun hanya kelompok pengguna tertentu yang digunakan. Tidak seperti sekarang, Anda dapat melihat bahwa di setiap sudut rumah semua orang melihat layar ponsel mereka.



Fitur utama yang membedakan ponsel tahun 2000-an dan 1990-an adalah layar berwarna dan beragam tata letak, mulai dari candy bar hingga QWERTY. Pada tahun 2000-an, teknologi GPRS, EDGE dan MMS mulai menyebar secara merata. Di era ini, ketenaran Nokia melemah. Aliran teknologi saling bersaing untuk memperkenalkan inovasi ponsel. Fitur ponsel yang lebih mewah di zaman ini adalah kamera bawaan dan pemutar musik. Dan sistem operasi mulai populer, termasuk Symbian dan Blackberry yang seksi di akhir tahun 2000-an.



Ada juga teknologi 3G di sini, yang memungkinkan semua orang mengakses internet lebih cepat secara bebas dengan 3G. Setelah itu, panggilan video juga muncul. Penguasa dunia. Dengan hadirnya Apple yang meluncurkan iPhone pada tahun 2007, mengubah wajah industri seluler global secara signifikan dan semua smartphone kini menjadi (touchscreen) atau layar sentuh. Era ini juga merupakan dekade munculnya teknologi bernama 4G LTE yang mempercepat penjelajahan dunia maya dan menyebar luas ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Mereka bahkan bisa membuat ketagihan.



Dengan ponsel masa kini yang mampu melakukan segalanya mulai dari menonton film, berbelanja, transaksi media pembayaran hingga liputan penyiaran hingga jurnalis yang sudah mulai menggunakan istilah jurnalisme seluler, era baru liputan telah dimulai. Industri Pada tahun 2020 kita telah memasuki dekade keempat era mobile, jadi bagaimana perkembangan serba bisa ini selama 10 tahun ke depan? Kenyataannya adalah sesuatu yang tidak pernah kita duga akan ada di smartphone di masa depan.





A
Agung Heri

Agung Heri

More actions